Minggu, 27 Juni 2010

BERITA UTAMA BMT AL HUDA

SIMPANAN ANGGOTA BMT AKAN DIJAMIN LPS


Kepercayaan anggota/nasabah yang menyimpan dananya ke Baitul Maal wa Tamwil (BMT) tampaknya semakin meningkat. Karena Asosiasi BMT se Indonesia (Absindo) akan menjamin dana nasabah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Adapun dana nasabah yang dijaminkan jumlahnya dengan nilai simpanan Rp. 25 juta. “Dana nasabah yang dijamin adalah dana nasabah yang disimpan di BMT-BMT anggota Absindo yang telah terinterkoneksi dalam sistem APEX”, kata Ketua Umum Absindo, Aries Muftie.
Ia menyampaikan pemaparannya dalam rangkaian acara Rapat Anggota Tahunan PUSKOPSYAH JATENG di aula Masjid Agung Semarang Jateng, Sabtu (17/4). Dalam program ini ia menggadeng PUSKOPSYAH tingkat propinsi yang ada di Indonesia untuk sebagai tangan panjang dari Absindo yang dimotori oleh Inkopsyah. Tentang APEX BMT, Aries menjelaskan lembaga ini merupakan induk BMT yang kedudukannya seperti BI nya para BMT. “Bedanya BI adalah lembaga induk perbankan sedangkan APEX BMT adalah lembaga induk yang membawahi BMT yang telah tergabung dalam komunitas Absindo”, kata dia.
Ia menjelaskan masalah penjaminan dana nasabah BMT ini nantinya akan dikelola oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) BMT. LPS ini akan menjadi anak organisasi dari APEX BMT. Pembentukannya akan dilauncing mei mendatang. “Nominal simpanan nasabah yang dijamin maksimal Rp. 25 juta”, katanya.
Dengan adanya LPS BMT ini, katanya para nasabah yang menyimpan dananya di BMT yang tergabung didalam Absindo tak usah khawatir lagi dana mereka akan hilang atau disalah gunakan oleh para pengelola BMT tersebut.
Ia mengatakan LPS ini akan membantu BMT yang mengalami kesulitan likuiditas bila mereka menghadapi penarikan dana mendadak dari para nasabahnya.
Aries menjelaskan saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 5.000 BMT yang beroperasi, dan baru sekitar 1200 diantaranya yang bergabung dalam Absindo. Dari jumlah 1200 BMT tersebut, kata dia 200 diantaranya mempunyai tingkat likuiditas yang kuat.
Ia menjelaskan pembentukan APEX maupun LPS ini menurut dia didasari munculnya beberapa kasus BMT nakal. “Dengan menyebut dirinya BMT mereka menghimpun dana masyarakat tapi, kemudian untuk usaha pribadi”, kata dia. Permasalahan BMT semacam ini, lanjutnya, timbul setelah usaha pribadi itu kemudian bermasalah, sehingga BMT tersebut lalu tak bisa mengembalikan dana nasabahnya. Jumlah BMT semacam ini tak banyak “satu-dua”, katanya. Menurut Aries, praktek BMT semacam itu merugikan BMT-BMT lainnya yang memiliki visi-misi yang lurus. (dari berbagai sumber)


BMT AL HUDA LAUNCING PAS BOOK



BMT Al Huda 13 tahun mengayomi masyarakat, kini semakin menunjukan eksistensinya sebagai lembaga keuangan syariah yang profesional untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk para anggotanya di masyarakat.
Berbagai inovasi dengan segenap jiwa dan raga selalu dipersembahkan demi meningkatkan pelayanan dan profesionalitas terbaiknya kepada para anggota. Baru-baru ini BMT Al Huda launcing buku dengan sistem pas book, sistem pas book adalah sistem dimana buku simpanan anggota setiap kali transaksi dilakukan maka pencatatanya langsung dari sistem yang ada di BMT dan di cetak menggunakan printer pas book yang on line dari sistem.
Sebuah inovasi yang luar biasa di kalangan BMT, diharapkan dengan sistem pas book ini anggota tidak perlu khawatir lagi akan keamanan menabung di BMT AL HUDA karena walaupun menggunakan sistem jemput bola sudah dapat dipastikan kelemahan sistem jemput bola akan kevalidan data di kantor dan di anggota sudah dapat teratasi dengan baik.


Sistem ini memang dibuat agar anggota dalam melakukan transaksi simpanan baik datang ke kantor maupun melalui karyawan marketing jemput bola sudah tak merasa ragu lagi karena kesamaan data dengan kantor sudah terjamin, sehingga keraguan dari anggota akan dananya apakah sampai di kantor atau tidak sudah tidak menjadi masalah lagi.
Semoga sistem ini dapat dinikmati dengan baik oleh anggota karena memang visi BMT AL HUDA untuk dapat memahami semua kebutuhan anggota dan menentramkan dengan konsep syariah dapat terlaksana dengan baik, amin. (eko)

1 komentar:

  1. Kok kecil Banget Content nya. Di gedein dikit ya. Nice Sharing
    http://enyongwonosobo.blogspot.com
    http://pariwisatadunia.blogspot.com

    BalasHapus